Love Monday?

keepcalmmonday

imagesource:http://www.wlrfm.com/shows/49-the-shift/3899-monday-on-the-shift.html

Ga usah ditanyaaa… kebanyakan orang ga suka saat SENIN datang. Wuidih.. kalo SENIN adalah orang, kasihan amet yaaa.. belom nyampe uda disesali, ditolak, dizolimi.. wkwkwk…

What?? Besok Senin?? -__-” – kira-kira begitu deh reaksi kebanyakan orang saat sadar bahwa besok udah SENIN lagi. Kenapa begitu, aku rasa masing-masing punya alasan tersendiri. Aku pribadi juga rada-rada panik kalo nyadar Senin segera datang. Kebayang rutinitas seminggu uda di depan mata, berikut semua kelelahan, kerepotan, dan hiruk pikuknya.

Tapi akhirnya jadi pingin tau, gimana caranya ningkatin mood positif menghadapi Senin.  I thought there must be some ways to love Monday, right? Nah, hasil mikir-mikir aku, ini beberapa cara buat kita semangat menyambut Senin – masi banyak, tapi ini yang menurutku ajaib, wkwkwk….

  1. I’m alive! Yes! – emang sih, tiap bangun pagi juga aku bersyukur kalo aku masi idup, masi dibangunin sama Tuhan, masi dikasi nafas. Tapi kalo Senin pagi aku inget untuk bersyukur kalo aku masi idup, itu bikin aku ga feeling blue. Ga patah hati ngebayangin “hari-hari melelahkan dimulai lagi”.
  2. Manjain diri. Kebanyakan orang bikin hari refreshing-nya adalah hari Jumat: jadwal ke spa, jadwal renang, jadwal ke mall, jadwal makan di luar, dst dsb dll…. Nah coba dibagi dikit ke Senin: jadwalin sesuatu yang kamu suka untuk dilakukan pada hari ini. Aku jadwalin ke gym pada hari Senin. Begitu selesai urusan nganterin anak, aku ke gym. Lumayan kan bisa sauna, olahraga, ikut kelas-kelasnya atau simply kenalan sama teman baru.
  3. If I don’t go to work – I won’t get my money. Oke-oke. Itu kan aku, yang bukan orang kerja kantoran. Gampang aja ke gym pada hari Senin, pada jam kerja, lagi. Gimana sama kalian yang kerja di kantor? Jujurnya, aku sampe nanya ke teman yang kerja loh, wkwkwk. Dan jawaban dia adalah: “kalo gue ga kerja, ga dapet duit.” (Ini temen yang paling jujur sama dirinya sendiri – seriously). Ya, kenapa engga? Gakpapa juga kan jujur sama diri sendiri. Siapa yang mau gaji dipotong? Jadi, jadikan Senin itu semangat: “Gue punya kesempatan untuk cari uang”. Pake kesempatan ini dengan baik dan dengan hati bersyukur. Ya, bersyukur karena Tuhan masih kasi kamu kerja di kantor – walau badan lelah, otak mumet, boss galak or gamautau-eun – hahahaha…
  4. Be grateful everyday, from Monday to Sunday. Well, pembagian hari, minggu, tahun itu  semua bikinan manusia. Tuhanlah yang menciptakan masa dan waktu. Kenapa juga kebahagiaan kita jadi tergantung sama waktu bikinan manusia? We should be grateful EVERYDAY – mau Senin apa Jumat, Rabu apa Minggu. Semua hari sama pentingnya dan sama-sama layak disyukuri. Masing-masing hari punya jadwalnya sendiri dan itu juga patut disyukuri. Coba kalo tiap hari adalah hari Jumat – kayanya ga asik juga, karena ga ada yang ditunggu-tunggu. See? Itu sebabnya kita harus taruh satu acara kesukaan kita di hari Senin, supaya kita nunggu-nunggu hari Senin (poin 3 tadi).Gratefulness is the key to happiness. 
  5. Bikin rutinitas asyik yang sederhana setiap bangun pagi di hari Senin. Bikin sendiri sarapanmu. Duduk santai dan nikmati dengan segelas kopi, atau teh, atau air lemon, atau apapun yang kamu suka. Di era dunia yang sibuk ini, uda jarang kayanya kita bisa duduk menikmati sarapan – tanpa gadget yaaa… Please put it aside. Kalo kamu suka doa pagi, pake waktu ini buat doa yang lebih spesifik. Doain hal-hal yang ga biasa kamu doain. Doain tetangga kiri-kanan. Doain negara. Doain satu teman saja yang kamu tau sedang dalam kesusahan, atau doain best friend-mu. Doain pasanganmu secara khusus juga boleh.. jujur aja, aku lebih sering doain anak-anakku daripada suamiku #maapyasay.

Masi banyak cara buat kita lebih mencintai, menunggu-nunggu, dan mensyukuri hari Senin. Kalo kamu tetap merasa sendu di hari Senin, coba tutup mata, tarik napas – jangan tidur lagi yak! hahaha – dan jadi satu sama dirimu sendiri. Reconnect yourself, istilahnya. Kamu bisa meditasi sejenak, atau doa singkat, atau sekedar diam aja. Ga usah lama-lama – nanti keburu ketiduran, ><

Now, it is worth to think this way:

newmonday

imagesource: https://id.pinterest.com/pin/303218987391481639/

 

 

Leave a Reply

