5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Sekolah Buat Anak

skul

Belakangan ini saya sibuk banget mencari informasi sekolah SMP untuk anakku. Dari pengalaman mencari sekolah ini, saya mau membagikan beberapa hal yang saya pertimbangkan saat mencari sekolah. Mungkin, teman-teman bisa mempertimbangkan ini juga saat mencari sekolah untuk buah hati.

Apa saja sih yang harus kita harus perhitungkan sebelum memutuskan sekolah mana yang akan kita pilih? Bagi saya, ini beberapa faktor yang saya pertimbangkan:

1. Jarak Sekolah dengan Rumah

Kalau sekolah terlalu jauh dengan rumah, anak tentu lelah. Apalagi kalau dia ada kegiatan lain sepulang sekolah, misalkan kursus atau kegiatan dengan teman-teman. Waktu istirahatnya di rumah menjadi berkurang dan ini membuat anak jadi cepat stress.Sekolah terlalu jauh juga “memaksa” kita berangkat lebih pagi. Artinya, anak bangun lebih pagi lagi. Ini juga harus dipertimbangkan karena kalau kebetulan anak punya banyak tugas atau PR sehingga dia tidak bisa tidur lebih awal, maka pagi harinya dia tidak akan segar untuk ke sekolah. Kurang tidur, kelelahan, dan kurangnya waktu bermain bagi mereka sudah pasti menbuat mereka ngga nyaman ke sekolah.

2. Kondisi Sekolah

Saya melihat-lihat dulu sekolah yang saya incar, bahkan sampai ke kantin dan toilet. Kepo nian ya, hehehe. Eh soalnya, anak saya akan bersekolah di sini. Saya ingin tahu berapa harga makanannya, apakah menunya cukup variatif, apakah ada makanan pokoknya atau hanya snack saja? Apakah kantinnya bersih? Apakah toilet siswa juga bersih? Saya juga melihat-lihat ruang kelasnya. Apakah nyaman? Apakah kesannya sempit atau luas? Apakah ruang kelasnya rapih atau berantakan? Semua ini saya perhatikan. Mungkin ini tidak penting bagi orang lain tapi bagi saya penting. Sebab anak harus betah di kelasnya, betah di sekolahnya, supaya dia semangat ke sekolah dan bisa belajar dengan baik.

3. Extra-Curricular Class

Aneh mungkin, bahwa saya mempertimbangkan ini lebih dulu daripada pelajaran utama. Bagi saya, kurikulum di semua sekolah sama karena semua di bawah pengawasan Depdikbud. Plus dan minus tiap sekolah pasti ada. Bagi saya, loh yaa.. Sementara, Extra-Curricular berhubungan dengan minat anak. Di hampir semua sekolah, Extra-Curricular ini wajib diambil oleh murid, 1 mata pelajaran setiap tahun. Ada juga yang membolehkan lebih dari 1 kegiatan asalkan waktunya ngga bentrok. Karena wajib, saya ingin anak saya belajar hal yang memang dia minati. Sebab itu saya selalu bertanya pada staff sekolah, saat saya masih survey-survey, apa saja extra curricular class yang disediakan. Anak saya tidak suka olahraga, jadi kalau semua excur-nya adalah olahraga, terpaksa saya tidak  bisa memilih sekolah itu.

4. Biaya Sekolah

Sudah pasti ini harus dipertimbangkan. Pilih sekolah sesuai dengan kemampuan keluarga. Pertimbangkan juga kenaikan setiap tahunnya, apabila ada, dan pertimbangkan biaya-biaya lain yang mungkin muncul di tengah-tengah tahun ajaran sekolah, misalnya retreat, study trip, berkemah, atau latihan dasar kepemimpinan. Tanyakan apakah ada biaya daftar ulang dan berapa besarnya.

5. Fasilitas Penunjang Sekolah

Saya menanyakan hal-hal ini pada diri saya sendiri saat memilih sekolah untuk anak saya:

  • Apakah sekolah itu memiliki perpustakaan? Perpustakaan seperti apa? Apakah hanya meminjamkan buku atau apakah siswa bisa mencari informasi lewat internet?
  • Apakah lapangan olahraganya memadai? Bila satu sekolah terdiri dari beberapa jenjang pendidikan, apakah pada saat pelajaran olahraga lapangannya penuh? Coba datang ke sekolah yang Anda minati pada saat jam belajar sekolah dan perhatikan keadaan lapangan olahraganya bila memungkinkan.
  • Apakah ada petugas keamanan sekolah? Apabila lokasi sekolah dekat dengan jalan raya, bagaimana dengan keamanan anak saat menyeberang? Apakah mereka membantu mengatur penyeberangan anak?
  • Apakah ada lapangan bermain/tempat istirahat untuk anak pada saat jam istirahat? Apakah sekolah cukup hijau/teduh?
  • Apakah siswa di sekolah tersebut kelas sosialnya kurang lebih sama dengan kita? Ada sekolah yang terkenal dengan julukan “sekolah borjuis”. Pertimbangan hal ini juga untuk pergaulan anak kita.

Memilih sekolah haruslah cermat, karena anak akan berada di sana selama bertahun-tahun. Bagi saya, yang terpenting adalah anak saya bisa betah belajar di sana dan enjoy dengan sekolahnya.

Selamat mencari sekolah!

 

Leave a Reply

