5 Kebiasaan Baik Untuk Hidup Lebih Sehat

sehat-blog2

Banyak orang bicara soal sehat. Pentingnya kesehatan, bagaimana supaya sehat, tips sehat langsing dan lain sebagainya bertebaran di media online. Coba kita berdiri di bagian depan pusat perbelanjaan – apa yang kita lihat? Segala macam produk kesehatan ada di sana. Memang, sehat adalah dambaan semua orang, dan untuk sehat kadang-kadang butuh biaya yang tidak sedikit.

Namun, sebetulnya sehat tidak mahal kalau kita tahu cara menyiasatinya. Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang sering kita sepelekan, padahal kalau kita melakukan ini dengan baik, hidup sehat ada di depan mata – tentunya dengan perkenan Tuhan yang Maha Esa

1. Tidur

Usahakan tidur cukup setiap hari. Target kamu adalah 7-9 jam tidur NYENYAK setiap malam. Saya yakin bahwa sikap, cara berpikir, cara mengambil keputusan, cara menghadapi masalah, bahkan hormon, masalah kegemukan dan emosi kita tergantung dari berapa lama waktu tidur kita setiap hari. Coba kamu perhatikan orang yang kurang tidur, pasti dia lebih emosional, tidak bisa berpikir panjang, dan kurang bersemangat/kurang aktif karena tubuhnya sebenarnya sangat lelah.

2. Makan

Perhatikan apa yang kamu masukkan ke dalam tubuhmu. Pastikan makanan itu diolah dengan bersih. Hindari sebisa mungkin makanan olahan. Rutin makan sayur dan buah. Makan secukupnya saja. Jangan lebih, jangan kurang. Bila kamu sedang diet, lakukan diet yang benar. Jangan konsumsi suplemen makanan tanpa petunjuk dokter.

3. Gerak

Sudah pasti kita tahu bahwa bergerak itu perlu untuk tubuh yang sehat. Cobalah berjalan sebisa mungkin. Berdirilah bila ada kesempatan. Naik tangga, jangan gunakan lift. Lakukan apa yang kamu suka di luar. Mulailah lakukan apa yang kamu suka: berkebun, memasak, jalan kaki, bersepeda, berenang, main volly, dan lain-lain. Atau kelilingi lingkungan tempat tinggalmu, kamu pasti terkejut dengan perubahan-perubahan yang terjadi di sekitarmu.

4. Minum Air Putih

Minum segelas air putih setiap kali kamu bangun tidur. Tapi, bagaimana kalau kamu sudah terbiasa untuk minum kopi/teh di pagi hari? Mudah saja. Minum dulu segelas air putih SEBELUM minum kopi. Coba targetkan untuk minum 8-10 gelas air (@200 ml) setiap hari. Kedengarannya banyak, ya. Memang. Kebutuhan air setiap orang berbeda-beda, jadi dengan membuat target, kamu bisa belajar ‘mendengarkan’ kebutuhan tubuhmu. Apakah harus 10 gelas, atau mungkin cukup dengan 7 gelas setiap hari? Kalau ingin manfaat lebih, coba buat segelas air hangat dengan perasan jeruk lemon setiap pagi. Manfaat air perasan lemon antara lain dapat mengurangi nafsu makan, meningkatkan imunitas tubuh dan mengurangi racun dalam darah.

5. Udara Segar dan Sinar Matahari

Mungkin kamu kaget dengan kebiasaan terakhir ini. Sinar matahari bisa jadi berpengaruh buruk bagi kulit, memang, Namun kita memerlukan vitamin D. Sinar matahari diserap oleh kulit dan mengubah pro-vitamin D dalam tubuh menjadi vitamin D. Jadi, keluarlah dari rumah dan paparkan tubuhmu di bawah sinar matahari dan hirup udara segar. Eits.. jangan lama-lama! Cukup 5-15 menit saja, waktunya pagi hari antara jam 6-9 atau setelah jam 3 sore. Itu saat yang tepat untuk berolahraga. Tidak perlu setiap hari, cukup 4 hari dalam seminggu. Kalau kamu masih kuatir, silakan pakai sunscreen sebelum berjemur untuk menghindari kanker kulit dan keriput!

Bagaimanapun, sehat adalah anugrah Tuhan, jadi jangan lupa bersyukur padaNya atas segala hal – hati yang penuh syukur adalah obat kesehatan terbaik. Jauhkan stress, nikmati hidup, rencanakan hal-hal indah bersama keluarga, tertawalah bersama teman-teman.

Selamat Hidup Sehat!

Advertisements

2 thoughts on “5 Kebiasaan Baik Untuk Hidup Lebih Sehat

  1. kayaknya saya kurang semua ni mbak, kurang tidur iya soalnya masih ada batita jadi sering kabangun dan begadang, makan masih suka pilih-pilih, gerak juga kurang karena di kantor banyakan duduk, minum air putih kayaknya belum sampai 8 gelas hiks, kena matahari pagi mungkin pas ke kantor kali ya sekitar 5 menit saja tapi. Wua belum punya kebiasaan hidup sehat nih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s