Belajar Menulis, Yuk! Gampang Loh!

slide4

Siapa yang suka menulis? Saya rasa semua orang sebenarnya suka menulis. Tapi, ada yang bisa menulis dengan lancar, ada yang tidak. Menulis banyak manfaatnya. Bagi saya pribadi, menulis membantu saya mengeluarkan uneg-uneg atau pertanyaan dalam kepala saya. Pasti pernah, kan, merasa kesal setengah mati tapi tak bisa mengungkapkan? Nah kadang-kadang saya menuangkannya dalam bentuk tulisan. Tulisan saya ini bentuknya diary/buku harian. Sebagai buku harian, tentu tak ada orang yang boleh membacanya.

Tapi kadang-kadang, saya menulis karena ingin menyimpan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang saya hadapi. Misalnya, ketika saya menghadapi masalah pendaftaran sekolah untuk anak saya. Ternyata saya punya beberapa pertimbangan dalam memilih sekolah. Lalu saya berpikir untuk membagi juga pertimbangan-pertimbangan itu kepada teman-teman atau publik, siapa tahu berguna bagi mereka. Maka saya menulis dalam sebuah blog.

Menulis itu gampang-gampang susah. Gampang, karena SEMUA orang BISA menulis. Pasti. Susah karena, TIDAK SEMUA orang BISA menuangkan ide di kepalanya dalam bentuk tulisan yang dimengerti oleh semua orang. Nah, disinilah kita butuh bantuan. Syukur pada TUHAN yang Maha Esa, saya akhirnya menemukan sebuah wadah yang dapat membantu saya. Nama wadah itu adalah Pelatihan Menulis Artikel yang dikelola oleh Indscript Training Center dan @JoeraganArtikel. Tak punya waktu untuk datang ke
pelatihan? Jangan kuatir, karena pelatihan  ini dilakukan secara daring (singkatan dari “dalam jaringan”, terjemahan dari “online” oleh KBBI), melalui media sosial Facebook.

Apa itu Indscript Training Center?

Indscript Training Center, selanjutnya disingkat ITC, adalah lembaga yang berada di bawah naungan Indscipt Creative, sebuah perusahaan dengan CEO Indari Mastuti, yang berfokus pada upaya pemberdayaan perempuan khususnya di dunia bisnis dan menulis. ITC kemudian bekerja sama dengan sebuah agensi artikel dengan nama @JoeraganArtikel, dan mengadakan pelatihan dalam jaringan yang fokus pada peningkatan keahlian peserta dalam membuat artikel pesanan, ulasan pekerjaan dan cara berpenghasilan melalui blog.

Pelatihan Menulis Artikel tersebut berlangsung selama satu bulan saja, dengan 4 kali pertemuan secara daring. Ada hari dan jam tertentu yang telah disediakan oleh @JoeraganArtikel dimana para peserta pelatihan “berkumpul” dalam grup dan membahas cara menulis artikel. Bagaimana kalau kita ada halangan pada hari dan jam tersebut? Jangan kuatir. Grup tersebut tetap terbuka dan pelajaran tetap bisa diakses. Namun tentu saja kita juga harus mengerjakan tugas yang diberikan agar pelatihan tersebut tidak sia-sia.

Hal yang unik dalam pelatihan ini adalah selain mendapatkan materi pelatihan, peserta juga punya kesempatan untuk praktek langsung mengerjakan artikel pesanan dari klien. Lebih serunya lagi, lulusannya langsung direkrut menjadi tim penulis inti di emakpintar asia dan mendapatkan binaan lanjut guna menapaki jenjang karir kepenulisan berikutnya.

Nah, tunggu apa lagi? Mari kita pakai kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas diri kita. Bagi saya, banyak sekali manfaat dari pelatihan menulis artikel ini. Yang paling terasa adalah, tadinya saya hanya bisa menulis dalam bahasa gaul, bahasa ngobrol, yang sangat tidak resmi tapi masih bisa dimengerti. Lewat pelatihan ini, saya belajar menulis dengan bahasa yang lebih baku dan memenuhi kaidah Bahasa Indonesia yang benar. Kemudian, saya juga belajar waspada. Banyak kejadian yang saya hadapi dan alami, yang sebetulnya remeh, tapi bisa dikembangkan menjadi tulisan. Paling tidak, saya jadi waspada akan ide-ide tulisan. Otak yang selalu bekerja adalah otak yang sehat, bukan?

Selamat Menulis! Selamat ikut berlatih!

The role of a writer is not to say what we all can say, but what we are unable to say. ~ Anaïs Nin

 

 

One thought on “Belajar Menulis, Yuk! Gampang Loh!

Leave a Reply

