Belajar dari Kata Bijak Einstein

life-quotes-learn-from-yesterday-live-for-today-hope-for-tomorrow

Siapa ngga kenal Albert Einstein?

Ilmuwan ini lahir di Jerman, masa hidupnya dari tahun 1879 – 1955. Kecerdasannya dan prestasi ilmiahnya tidak usah dibahas di sini. Yang menarik buatku, dia suka mengutarakan kata-kata bijak. Salah satu kutipannya adalah tiga hal di bawah ini – dengan sedikit keterangan dari aku, ūüėÄ

Belajar dari Masa Lalu

Kata pepatah, masa lalu adalah pelajaran. Kesalahan adalah guru terbaik. Benar banget. Dari kesalahanlah kita belajar paling banyak. Jangan ulangi kesalahan di masa lalu. Jangan jatuh dua kali di lubang yang sama. Pernah dikecewakan oleh teman? Jadikan pelajaran bahwa dia memiliki kekurangan di bidang itu. Gagal mendapat promosi jabatan? Cek ulang bagaimana hasil kerjamu. Tidak berhasil mencapai impianmu tahun lalu? Refleksi lagi, apa sebabnya dan gimana mengatasinya. Jadikan masa lalu sebagai sahabat yang mengajarkan banyak hal.

Hidup untuk Hari Ini

Bagaimanapun, kita hidup di jaman ini (Inggris: in the present time). Sekarang itu ya sekarang. Tak akan terulang dua kali. Jadi, nikmati hari ini. Bersyukurlah karena hari ini ada, dan kamu masih hidup untuk menikmatinya. Hari ini adalah hari yang menentukan masa depan. Keputusan apa pun yang kamu ambil hari ini – mengampuni atau mendendam, mengasihi atau membenci, melupakan atau mengingat, dan macam-macam lagi – berpengaruh banget pada langkah kamu selanjutnya.

Begitu juga dengan berbagai kesempatan yang datang hari ini, belum tentu ada besok pagi. Jadi, kamu harus tau benar apa yang kamu mau, supaya kamu tau kapan harus menerima dan kapan harus menolak sebuah kesempatan. Misalnya nih yaa… aku¬†kan lagi suka banget nulis nih.. dan ternyata training-training nulis itu banyak. Ada yang gratis, ada yang bayar, ada yang bersyarat (SKB). Berhubung aku ini belum metik duit dari pohon, maka harus pikir-pikir, training mana aja yang mau diikutin. Sementara menulis, aku¬†juga liat-liat event¬†nulis di berbagai media. Sambil belajar, sambil lomba. Ngono lho.

Berharap akan Esok Hari

Ini pentingnya kamu punya tujuan. Pengen jadi apa sih? Pengen punya masa depan seperti apa? Kalau kamu lagi mengkhayalkan masa depan, masa depan seperti apa yang ada di benak kamu? Kalau hari besok datang, kira-kira kamu akan lebih baik ngga dari kamu hari ini?

sharon-corr-08Aku, kalo lagi berkhayal, ada macem-macem yang muncul di benak aku. Pertama-tama kalo lagi belajar biola, aku¬†bayangin aku itu kayak Sharon Corr, salah satu angggota grup musik kakak beradik The Corrs. Apalagi biola birunya itu bikin diriku¬†mupeng banget… soalnya aku¬†penyuka warna biru.

Itu kalo lagi maen biola. Kalo lagi nyanyi, yah, aku mah ga pingin jadi siapa-siapa karena nyanyinya juga bersama paduan suara kog, ngga nyanyi solo. Paling-paling aku bermimpi paduan suara itu kelak membawa aku keliling dunia, hihihi…

Nah kalo soal nulis, aku itu bayanginnya kayak JK Rowling. Ketinggian yah, bayangannya? Ngga apa-apa toh.. namanya juga berkhayal.. article-2474863-18fb76ea00000578-721_634x405

Tapi karena khayalan-khayalan itu, aku jadi semangat buat belajar biola (supaya bisa seperti Sharon Corr yang seksi dan cantik dan well-known), buat belajar nyanyi (kali aja ada yang mau bawa kita keliling dunia) dan belajar nulis (yah.. itu tadi, biar kayak Rowling. Cantik, kaya, dermawan, dan karangannya best seller terus ).


Past, Present, Future 

Ketiga masa waktu inilah yang kita jalani di dunia.

  • Masa lalu udah terjadi. Jangan hidup di dalamnya.
  • Masa depan belum terjadi, jangan sampai salah arah menuju ke sana.
  • Masa kini sedang terjadi. Bijaklah menjalaninya.

Jangan lupa minta pertolongan pada Tuhan ya, karena Dialah yang empunya hidup dan yang merencanakan kehidupan kita.

 

enjoylife

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s