Menjadi Pribadi yang Memesona – Bagaimana Caranya?

 

15822928_10212159199281659_3078133692349398104_n
Family Time January 2017

 

Bila kita bertanya pada laki-laki, seperti apakah perempuan yang #MemesonaItu? Kebanyakan dari mereka akan memberikan jawaban seputar nilai-nilai fisik: wajah cantik, kulit putih, tubuh langsing, mata indah, kaki jenjang, tinggi proporsional, dan lain-lain. Sangat berbeda bila kita bertanya pada perempuan.

Bagi saya sendiri, #MemesonaItu tak harus berkaitan dengan perihal tubuh. Seseorang bisa saja tidak cantik menurut standar dunia ini, namun ia memesona, sebab ia memiliki kepribadian yang baik dan unik yang dapat menginspirasi orang lain, sehingga ia menjadi berarti bagi orang-orang di sekitarnya.

Sebut saja pesona seorang ibu. Ia tidak harus cantik di mata dunia, namun ia cantik di mata suami dan anak-anaknya. Ia bekerja keras untuk memastikan bahwa ada cukup makanan dan pakaian untuk keluarganya sehingga mereka semua tetap kenyang dan nyaman. Ia akan menunggu saat anggota keluarganya belum tiba di rumah. Ia memastikan bahwa ia tampil cukup rapi dan terawat, tanpa harus memakai kosmetika yang mahal, agar suaminya bangga terhadap dia. Anak-anaknya tahu bahwa ia selalu ada bagi mereka.

Perempuan yang #MemesonaItu percaya bahwa ia berharga. Ia menghargai dirinya dengan baik sehingga tidak ada seorangpun yang boleh melecehkan dia atau menganggapnya rendah. Ia akan memakai pakaian yang pantas dan sopan sesuai dengan tempat yang ia datangi. Ia akan menjaga saat ia duduk, berdiri, dan berjalan, agar ia tidak memancing perhatian orang karena pakaiannya yang terlalu pendek ataupun terbuka. Perempuan yang #MemesonaItu tetap bisa terlihat menarik dengan pakaian yang sopan.

Juga, ia selalu menantang dirinya untuk melakukan lebih banyak dari yang telah dilakukannya dan selalu mengembangkan kemampuannya. Ia selalu belajar. Ia tak akan hanya berpangku tangan menunggu suaminya pulang dan memberinya uang, atau hanya menunggu akhir bulan untuk menerima gaji. Tidak. Dia akan terus mendorong drinya untuk belajar hal-hal baru ataupun meningkatkan kemampuannya yang sudah ada menjadi lebih baik lagi: memasak, menjahit, menulis, memotret, bermain musik, bernyanyi, dan lain-lain. Dia akan terus memperluas wawasannya dengan membaca buku bermutu dan menonton program yang bermanfaat, bukan sekedar sinetron tak berujung yang tak memberikan pengetahuan apapun.

Perempuan yang #MemesonaItu selalu mengambil hal-hal positf dari hal-hal yang dia alami dan orang-orang yang ia temui. Ia menerima teman-temannya apa adanya dan berusaha memahami kelebihan dan kekurangan mereka, sebab ia sadar bahwa dirinya pun bukanlah orang yang sempurna. Ia belajar menghargai orang lain, sebagaimana ia ingin dihargai.

Jadi, bagaimana caranya tampil memesona?

1. Menghargai dirnya sendiri dengan berpakaian pantas dan sopan di segala waktu.

2. Selalu belajar hal baru dan mengembangkan kemampuannya agar dapat bermanfaat bagi dirinya, keluarganya, dan orang lain.

3. Merawat dirinya dengan baik sehingga orang dapat melihat bahwa ia sehat, kuat, dan bersemangat.

4. Percaya bahwa ia dapat melakukan tugas yang telah diambilnya dan selalu berusaha semaksimal mungkin

5. Tetap berpikir positif, apapun situasinya. Tetap berbesar hati bila ada kemalangan yang dialaminya.

6. Tidak mengeluh ataupun mengasihani dirinya sendiri atas kegagalan, sakit penyakit, dan hal-hal buruk lainnya yang ia alami.

7. Selalu bersyukur atas apa yang dia miliki, baik keluarga, keuangan, pekerjaan, dan pertemanan.

Perempuan yang #MemesonaItu tidak harus cantik apalagi sempurna. Tetapi, dia harus berharga (precious): di mata Tuhan, di mata keluarganya, di mata lingkungan dan komunitas tempat ia bergabung, dan di matanya sendiri.

17155964_10212875784395839_1870623744252674912_n

12932985_10209635208463466_8841695853840214001_n

A charming woman doesn’t follow the crowd.

She is herself.

Loretta Young, actress, singer. (1917-2000)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s